Pecinta Alam

MAPATEKA adalah salah satu Badan Semi Otonom yang ada di  Teknik Kimia. Badan Semi Otonom ini merupakan wadah bagi semua mahasiswa-mahasisiwi Teknik Kimia FT UGM  yang memiliki kecintaan lebih terhadap alam. MAPATEKA pada awalnya hanya menawarkan kegiatan pendakian gunung bagi setiap anggotanya. Dan seiring berjalannya waktu Mapateka bermetamorfosis menjadi organisasi yang lebih kompleks dengan berbagai kegiatan yang  lebih beragam.

Pada awalnya BSO ini benama MALAPETAKA yang kepanjangannya adalah Mahasiswa Alam Pecinta Teknik Kimia. Namun karena terdengar menyeramkan maka nama tersebut diganti menjadi MAPATEKA, yang memiliki kepanjangan Mahasiswa Pecinta Alam Teknik Kimia. Disamping MAPATEKA ada organisasi bayangan yang disebut MATAPEKA ( Mahasiswa Teman MAPATEKA ). Mereka yang tergabung dalam MATAPEKA adalah mahasiswa yang sering ikut dalam kegiatan MAPATEKA ( biasanya dalam kegiatan pendakian ) namun tidak tergabung dalam organisasi MAPATEKA.

Adapun kegiatan – kegiatan rutin dan non rutin BSO Mapateka, sebagai berikut:

1.  Diklat
Sebagai sebuah organisasi, MAPATEKA perlu untuk mengadakan sebuah acara yang bertujuan untuk meregenerasi anggota. Diklatsar merupakan satu-satunya bentuk kegiatan yang menjadi syarat wajib bagi calon anggota sebagai sarana agar dapat masuk menjadi anggota MAPATEKA dengan bekal kepecinta-alaman.
Diklat terdiri dari 2 bentuk yaitu diklat ruang dan diklat lapangan. Diklat ruang diselenggarakan di sekitar kampus yang berisikan materi-materi dasar kepecinta-alaman. Seperti pengetahuan mengenai survival, PPPK, climbing, tali temali, fotografi dan sebagainya. Sedangkan diklat lapangan merupakan gerbang utama menjadi anggota MAPATEKA. Biasanya diklat lapangan dilaksanakan bersamaan dengan pendakian sehingga pelantikan anggota baru dilaksanakan di gunung.

2. Pendakian
Pendakian merupakan hal kegiatan yang sangat sering dilakukan oleh MAPATEKA. Pendakian yang terprogram antara lain adalah pendakian perdana dan pendakian massal. Selain itu bila ada anggota yang ingin naik gunung maka secara spontanitas anggota yang lain akn ikut naik gunung.

3. Rafting
Rafting (arung jeram) merupakan kegiatan tahunan MAPATEKA dengan tujuan menyegarkan pikiran mahasiswa setelah lelah kuliah.

4. Mading
Mading merupakan sarana publikasi bagi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh MAPATEKA.

5. Kegiatan lain
Selain kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan di atas MAPATEKA juga melaksanakan kegiatan lain seperti caving, beach camping, dan berperan aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Organisasi Pecinta Alam yang lain.

Walaupun kegiatan-kegiatan MAPATEKA lebih kearah senang-senang, tapi secara tidak langsung membawa misi untuk menciptakan engineer-engineer yang tangguh secara fisik maupun mental. Juga menciptakan rasa cinta pada alam sehingga alam ini akan terjaga dan senantiasa memberi kesejukan pada kita semua. Karena ALAM TIDAK PERNAH MENGKHIANATI HATI YANG MENCINTAINYA.

www.hnurwanto.web.ugm.ac.id/mapateka