Kelompok Studi

Kelompok Studi Teknologi Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang ilmiah keteknikkimiaan. Organisasi ini bertujuan menggali dan memberdayakan potensi dan bakat mahasiswa teknik kimia UGM dalam penelitian, rekayasa teknologi, dan pemecahan masalah industri, terutama industri kecil menengah. Melalui kegiatan-kegiatannya, KSTM berusaha untuk menjadi sarana pembelajaran terus-menerus untuk berbagai pengetahuan spesifik keteknikkimiaan. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tiga departemen yang ada di KSTM.

1. Departemen Riset dan Teknologi
Departemen ini bergerak di bidang pengenalan riset dan teknologi sederhana. Adapun tujuan dari depertemen ini adalah untuk membangkitkan minat mahasiswa teknik kimia UGM terhadap riset bertaraf mahasiswa yang nantinya diharapkan dapat memunculkan terobosan-terobosan baru yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, departemen ini melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti diskusi ilmiah yang diadakan sebulan sekali, eksperimen-eksperimen sederhana, kunjungan ke beberapa proyek dosen dan mahasiswa, dan masih banyak lainnya.

2. Departemen Informasi dan Eksplorasi
Departemen ini memiliki tujuan menambah wawasan civitas teknik kimia UGM dengan memberikan informasi dan eksplorasi topik-topik seputar teknologi dan isu-isu keteknikan yang sedang berkembang. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh departemen ini antara lain pengelolaan majalah dinding dan bulletin, kunjungan industri, dan kuliah tamu.

3. Departemen Pengembangan Organisasi
Departemen ini memiliki tujuan meningkatkan kebersamaan dan rasa kekeluargaan antar anggota KSTM dan sekaligus menjadi sarana pengembangan diri bagi anggota KSTM dan mahasiswa teknik kimia UGM. Kegiatan-kegiatan yang diampu oleh departemen ini antara lain pelatihan keorganisasian, pelatihan pengembangan diri, dan rekrutmen anggota baru.