Teknik Kimia UGM

TENTANG PRODI TPPI

Selamat Datang di Prodi Magister TPPI (Teknik Pengendalian Pencemaran Industrial)

Seiring dengan terus tumbuhnya industri dalam negeri dan internasional, terjadi peningkatan jumlah limbah yang merupakan konsekuensi tak terhindarkan dari aktivitas perindustrian yang tidak berwawasan lingkungan. Selain itu, makin meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan mendorong setiap pihak terkait untuk berfokus menciptakan rekayasa proses untuk mencegah pencemaran daripada mengatasinya. Oleh karena itu, Departemen Teknik Kimia (DTK) FT UGM ingin mengambil peranan terdepan dengan mendirikan prodi TPPI (Teknik Pengendalian Pencemaran Industrial).

Pengalaman panjang DTK dalam mengelola prodi Magister Teknik Kimia khususnya Konsentrasi MTPPL (Teknik Pengendalian Pencemaran Lingkungan) diperlukan sub-spesialis dalam disiplin ilmu teknik kimia, yaitu pengendalian pencemaran industrial dalam rangka mengembangkan teknik produksi bersih. Prodi TPPI dirancang untuk menjawab problem-problem yang merupakan dampak keberadaan industri terhadap lingkungan. Sebagimana pada Gambar diatas, pendekatan ilmiah yang menjadi dasar Prodi TPPI adalah optimasi proses untuk meminimalkan timbulnya limbah sebagai hal paling fundamental dalam upaya pencegahan pencemaran lingkungan.

Karakteristik Prodi TPPI adalah pada ‚Äúpengendalian pencemaran‚ÄĚ yang mencakup tiga unsur dalam koridor kompetensi disiplin ilmu teknik kimia yaitu: 1) merancang rekayasa proses untuk meminimalkan timbulnya limbah dalam pabrik, 2) merancang daur-ulang dalam proses agar limbah yang terbentuk tidak perlu keluar dari pabrik, dan 3) merancang konektivitas antar industri untuk saling memanfaatkan limbah yang terbentuk dalam filosofi ekologi industri sehingga limbah tidak keluar dari kawasan industri. Karakteristik ini didasarkan pada pendekatan kuantitatif khas teknik kimia dengan neraca massa, neraca energi, kecepatan proses, dan kesetimbangan. Pendekatan keteknikkimiaan ini terintegrasi dalam kekhususan prodi ini, yaitu proses produksi berwawasan lingkungan, ekologi industri, manajemen lingkungan, simulasi sistem lingkungan, life cycle assessment (LCA), manajemen risiko dan keselamatan industri, teknik konservasi dan pengendalian pencemaran air, serta teknik pendendalian pencemaran udara.

Prodi Teknik Pengendalian Pencemaran Industrial sangat diperlukan oleh pelaku industri kimia untuk meningkatkan kompetensi para praktisi dalam hal pengendalian pencemaran industrial mengingat di tahun 2019 masih ada lebih dari 1600 industri dengan peringkat PROPER di bawah hijau. Fakta ini merupakan indikasi bahwa pencemaran oleh industri masih menjadi problem yang belum terpecahkan di kalangan masyarakat industri kimia Indonesia. Hal ini juga membuktikan bahwa pendekatan hilir dalam pengolahan limbah industri sebagaimana praktek yang dilakukan industri selama ini belum efektif untuk menyelesaikan masalah limbah mereka.

Mari Wujudkan GREEN INDUSTRY Bersama Prodi Magister (S2) TPPI FT UGM.