Laboratorium

Lab Konservasi Energi dan Pencegahan Pencemaran (KEPP) merupakan lab riset bagi dosen dan mahasiswa S1, S2, S3 terkait pengolahan air dan limbah, lingkungan, serta konservasi energi. Lab KEPP memiliki ruang lingkup yang berhubungan dengan aplikasi dan pengembangan teknologi yang mendukung “sustainable development”.

Laboratorium Analisis Instrumental (ANINS) merupakan laboratorium penunjang kegiatan penelitian dan riset yang menyediakan sarana analisis sampel bagi mahasiswa S1, S2, maupun S3 serta para dosen. Jenis–jenis sampel yang biasa ditangani oleh lab ANINS adalah sampel jenis polymer, produk–produk alam, farmasi, dan pangan. Selain itu, Laboratorium ANINS melakukan analisis sampel terkait dengan lingkungan seperti air baku, air limbah, dan air minum.

Lab Teknologi Polimer merupakan laboratorium khusus yang melayani riset dan penelitian yang berkaitan dengan proses polimerisasi. Laboratorium Teknologi Polimer mendukung kegiatan riset baik untuk keperluan akademis maupun penelitan untuk pengembangan teknologi.

Laboratorium Analisis Bahan dirancang sebagai laboratorium praktikum bagi mahasiswa s emester 2 untuk memperkuat keterampilan dasar ilmu teknik kimia. Praktikum Analisis Bahan merupakan praktikum yang terkait dengan penggunaan metode-metode standar untuk menganalisis dan mengkarakterisasi bahan/material. Laboratorium Dasar-Dasar Proses dirancang sebagai sarana praktikum proses bagi mahasiswa semester 3 (semester ganjil) untuk memperkuat keterampilan dasar ilmu teknik kimia sebagai kelanjutan dari praktikum analisis bahan pada semester 2 (semester genap). Praktikum ini berisi proses-proses teknik kimia sederhana baik fisik maupun kimia seperti penyerapan/penjerapan, pemisahan/pemurnian, reaksi, pemungutan/isolasi bahan alami dan lain-lain.

Laboratorium Teknik Reaksi dan Katalisis (TRKK) merupakan salah satu lab untuk kegiatan penelitian di lingkungan Departemen Teknik Kimia UGM. Lab TRKK melayani mahasiswa S1, S2, S3 maupun dosen untuk keperluan riset maupun akademik terutama penelitian yang berhubungan dengan analisis kinetika reaksi, analisis katalis maupun analisis reaksi kimia.

Laboratorium ini mempunyai kegiatan utama untuk melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang minyak bumi baik sektor hulu maupun hilir, gas alam, batu bara dan berbagai jenis bahan bakar lain termasuk propelan roket. Dua fungsi utama yang diemban laboratorium ini yaitu sebagai laboratorium untuk penelitian dan sebagai lab pengujian produk-produk minyak bumi.

Laboratorium Teknik Pangan dan Bioproses merupakan lab yang mengintegrasikan pemanfaatan sumber daya hayati (natural product) dengan teknik bioproses (proses yang melibatkan mikroorganisme). Aspek bioproses yang dikembangkan di lab Teknik Pangan dan Bioproses tidak terbatas pada produksi pangan, namun mencakup bidang yang lebih luas yaitu energi dan lingkungan.

Lab Proses Pemisahan digunakan untuk Praktikum Operasi Teknik Kimia (OTK) dan penelitian S1, S2 dan S3. Secara umum, bidang penelitian-penelitian di lab ini berkaitan dengan prosesproses pemisahan (pemurnian), proses transfer massa dan panas, mekanika fluida dan penyebaran bahan kimia di alam (chemodynamics), serta produksi fine chemicals (misalnya minyak nilam, eugenol, natural blue indigo, dll) dari sumber daya alam Indonesia.

Laboratorium Teknologi Keramik dan Komposit (LTKK) merupakan salah satu lab pendukung penelitian di Departemen Teknik Kimia, UGM. Aktivitas di LTKK berfokus pada pengembangan material inorganik non-metal. Laboratorium ini mendukung penelitian yang berhubungan dengan proses pengolahan dan ekstraksi bahan mineral (mineral processing) baik yang berasal dari mineral alam maupun yang berupa limbah.

Laboratorium Komputasi dan Simulasi Proses merupakan laboratorium yang menunjang perkuliahan yang berkaitan dengan pemrograman, komputasi dan digunakan mahasiswa dalam perancangan pabrik kimia.