Capaian Pembelajaran Mata Kuliah MTK MbC
No. | CPMK Mata Kuliah | Keterkaitan dengan butir-butir CPL | |||||||
1 | Filsafat Keilmuan | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menguasai hakikat ilmu pengetahuan dalam konteks metodologi ilmiah dan implementasi ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia | 1 | 1 | |||||||
Mempunyai wawasan luas tentang masyarakat ilmiah dengan kiprah keilmuan yang dilandasi pemikiran filosofis. | 1 | 1 | |||||||
Mampu menemukan ide-ide dan konsep baru dalam bidang ilmu sehingga dapat melakukan penelitian baik dalam context of justification maupun context of discovery. | 1 | 1 | |||||||
2 | Fenomena Perpindahan | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menggunakan persamaan perubahan (equation of change) untuk melakukan analisis fenomena perpindahan momentum, panas dan massa dengan satu variabel bebas. | 1 | 1 | |||||||
Melakukan analisis fenomena perpindahan dengan melibatkan lebih dari satu variabel bebas. | 1 | 1 | |||||||
Menggunakan stream function untuk menentukan distribusi kecepatan pada beberapa sistem sederhana. | 1 | 1 | |||||||
Menggunakan teori lapisan batas untuk menganalisis fenomena perpindahan momentum, panas dan massa di antar fasa (interphase). | 1 | 1 | |||||||
3 | Termodinamika Fundamental | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menghitung perubahan besaran termodinamika berbasis equation of state dan kapasitas panas. | 1 | 1 | |||||||
Mendeskripsikan kesetimbangan fasa untuk sistem non-ideal sederhana. | 1 | 1 | 1 | 1 | |||||
Mendeskripsikan kesetimbangan kimia untuk sistem non-ideal sederhana. | 1 | 1 | |||||||
4 | Metodologi dan Etika Penelitian | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mampu menerapkan etika penulisan ilmiah dalam penyusunan karya tulis ilmiah. | 1 | 1 | |||||||
Mampu menyusun karya ilmiah berdasarkan rancangan eksperimen dan akurasi data yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai sistematika baku. | 1 | 1 | |||||||
Mampu merangkum informasi untuk membangun kerangka baku penelitian. | 1 | ||||||||
Mampu menginterpretasikan data untuk menarik kesimpulan objektif | 1 | 1 | |||||||
5 | Pemodelan Matematis dan Komputasi | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mampu menyusun model matematis dalam bentuk persamaan diferensial ordiner. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Mampu menyusun model matematis dalam bentuk persamaan diferensial parsial. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Mampu mengestimasi parameter berdasarkan data percobaan. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Mampu menyelesaikan dan menganalisis hasil simulasi dengan perangkat komputasi modern. | 1 | 1 | 1 | ||||||
6 | Kinetika Reaksi | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mengembangkan bentuk umum dari kecepatan reaksi kimia berdasarkan mekanisme reaksi untuk sistem heterogen dengan katalis dan tanpa katalis. | 1 | 1 | |||||||
Mengembangkan kinetika reaksi gas-cair dan gas-padat dengan katalis dan tanpa katalitis. | 1 | 1 | |||||||
Menganalisis data eksperimen untuk menentukan kinetika reaksi. | 1 | 1 | |||||||
Mengevaluasi perancangan reaktor ideal. | 1 | 1 |
No. | CPMK Mata Kuliah | Keterkaitan dengan butir-butir CPL | |||||||
7 | Sumber Daya Alam Indonesia | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Memahami potensi sumber daya alam. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Memahami regulasi / peraturan yang mengatur pengolahan sumber daya alam Indonesia. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Mampu menganalisis pengembangan pohon industri berbasis sumber daya alam. | 1 | 1 | |||||||
Mampu mengevaluasi proses pengolahan sumber daya alam yang ada di industri dan melihat potensi pengembangannya. | 1 | 1 | |||||||
8 | Analisis Risiko dan Dampak Lingkungan | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mengevaluasi potensi bahaya pada sistem industri dan lingkungan dengan berbagai metode. | 1 | 1 | |||||||
Mengaplikasikan konsep evaluasi risiko dengan berbagai metode. | 1 | 1 | |||||||
Melakukan perhitungan risiko dan justifikasinya pada berbagai sistem industri dan lingkungan. | 1 | 1 | |||||||
Melakukan penyusunan sistem manajemen risiko. | 1 | 1 | |||||||
9 | Teknologi Biorefinery | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mampu menjelaskan konsep biorfinery dan sustainable industrial process. | 1 | 1 | |||||||
Mampu memformulasikan spesifikasi produk industri yang sedang berkembang. | 1 | 1 | |||||||
Mampu membuat flow model ataupun block diagram process model yang dapat menggambarkan aktivitas produksi biobased product yang mengacu pada sustainable industrial process. | 1 | 1 | |||||||
10 | Seminar Proposal | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menyusun proposal penelitian tesis yang telah disetujui oleh dosen pembimbing. | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |||
Mempraktikkan presentasi penelitian tesis secara efektif dan komprehensif. | 1 | 1 | 1 | 1 | |||||
Mempertahankan ide dan gagasan dalam sebuah seminar. | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
Semester 3
No. | CPMK Mata Kuliah | Keterkaitan dengan butir-butir CPL | |||||||
11 | Teknik Pengendalian Pencemaran | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Memahami dan mengevaluasi konsep pencemaran air dan udara beserta baku mutunya. | 1 | 1 | |||||||
Merancang sistem pengolahan air limbah. | 1 | 1 | |||||||
Menerapkan konsep hierarki pengelolaan emisi udara. | 1 | 1 | |||||||
Merancang sistem pengendalian emisi baik particulate matter maupun gas. | 1 | 1 |
Semester 4
No. | CPMK Mata Kuliah | Keterkaitan dengan butir-butir CPL | |||||||
12 | Tesis | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menyusun naskah penelitian tesis sesuai dengan proposal yang ada dan telah disetujui oleh dosen pembimbing. | 1 | ||||||||
Mempraktikkan penelitian tesis secara efektif dan komprehensif. | 1 | 1 | |||||||
Mempertahankan ide, gagasan, dan hasil yang ada sesuai dengan pendalaman tim penguji. | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
MATA KULIAH PILIHAN WAJIB MTP
No. | CPMK Mata Kuliah | Keterkaitan dengan butir-butir CPL | |||||||
13 | Termodinamika Modern | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menganalisis data kesetimbangan fasa sistem non-ideal termasuk sistem multikomponen. | 1 | 1 | |||||||
Menganalisis data kesetimbangan kimia sistem non-ideal. | 1 | 1 | |||||||
Menganalisis problem yang melibatkan kesetimbangan fasa dan kesetimbangan kimia secara simultan. | 1 | 1 | |||||||
Memahami konsep dasar termodinamika statistis. | 1 | 1 | |||||||
14 | Fenomena Perpindahan Lanjut | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mengaplikasikan teori lapisan batas (boundary layer) untuk analisis kasus-kasus riil perpindahan momentum, panas dan massa. | 1 | 1 | |||||||
Menggunakan model-model turbulensi untuk analisis fenomena perpindahan momentum, panas dan massa dalam kasus-kasus riil. | 1 | 1 | |||||||
Memahami konsep moving boundary dan menggunakannya dalam analis beberapa kasus riil sederhana. | 1 | 1 | |||||||
15 | Perancangan Reaktor | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mendesain reaktor katalitik dengan katalis padat berpori. | 1 | 1 | |||||||
Menganalisis reaktor katalitik dengan katalis padat berpori. | 1 | 1 | |||||||
Mendesain reaktor untuk reaksi heterogen non-katalitik. | 1 | 1 | |||||||
16 | Analisis Multi Skala | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mampu mengkorelasikan sifat-sifat mikroskopis komponen-komponen sistem dengan sifat-sifat makroskopis sistemnya berbasis berbagai metoda. | 1 | 1 | |||||||
Mampu melakukan analisis sistem untuk menghasilkan korelasi matematis dan mengembangkan algoritma perhitungannya. | 1 | 1 | |||||||
Melakukan optimasi sistem berbasis hasil analisis sistemnya. | 1 | 1 |
MATA KULIAH PILIHAN WAJIB MPBM
No. | CPMK Mata Kuliah | Keterkaitan dengan butir-butir CPL | |||||||
17 | Hidrometalurgi | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Memahami persiapan sampel, mekanisme ekstraksi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi untuk mendapatkan pemulihan optimal dalam hidrometalurgi. | 1 | 1 | |||||||
Menentukan mineral yang layak untuk diekstraksi menggunakan hidrometalurgi. | 1 | 1 | |||||||
Menerapkan massa dan keseimbangan panas, termodinamika dan kinetika dalam proses hidrometalurgi. | 1 | 1 | |||||||
Merancang instalasi hidrometalurgi yang tepat untuk mengekstrak mineral berharga termasuk proses yang kompleks. | 1 | 1 | |||||||
18 | Teknik Liberasi dan Pemisahan Fisis | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menggambarkan pentingnya pembebasan mineral, dan prinsip-prinsip dan proses penghancuran, penggilingan, dan klasifikasi ukuran (layar, hidrocylcone, pengklasifikasi). | 1 | 1 | |||||||
Menerapkan prinsip keseimbangan massa untuk menentukan aliran plant. | 1 | 1 | |||||||
Menggambarkan dasar-dasar sampling, gravitasi, magnetik, elektrostatik. | 1 | 1 | |||||||
Memahami gaya (sentrifugal, gravitasi, apung, kental, magnetik, elektrostatik, dll) bertindak atas partikel dalam proses yang berbeda dan efeknya pada kinerja pemisahan. | 1 | 1 | |||||||
Menganalisis dan mengembangkan flowsheet proses yang tepat untuk beneficiation mineral, termasuk proses baru. | 1 | 1 | |||||||
19 | Pyro-metalurgi | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menentukan jenis mineral yang dapat diolah melalui proses piro-metallurgi. | 1 | 1 | |||||||
Memahami aspek kinetika dan termodinamika dalam proses piro-metallurgi. | 1 | 1 | |||||||
Merancang suatu ekstraksi logam dari mineral melalui piro-metallurgi. | 1 | 1 | |||||||
20 | Flotation | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Memahami prinsip dasar dan mekanisme flotasi untuk pemisahan bahan mineral dalam sistem multifasa padat-cair dan gas. | 1 | 1 | |||||||
Memahami kinetika perpindahan pada proses flotasi mineral. | 1 | 1 | |||||||
Merancang dan mengevaluasi peralatan flotasi mineral. | 1 | 1 |
MATA KULIAH PILIHAN WAJIB MTBB
No. | CPMK Mata Kuliah | Keterkaitan dengan butir-butir CPL | |||||||
21 | Teknologi Bioproses | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mengaplikasikan konsep dasar bioproses untuk kasus industri. | 1 | 1 | |||||||
Mengevaluasi unjuk kerja bioreaktor pada berbagai kasus. | 1 | 1 | |||||||
Merancang konsep bioproses sederhana untuk aplikasi industri. | 1 | 1 | |||||||
22 | Teknik Produk Terbarukan | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mahasiswa mampu memilih berdasar perbandingan berbagai tipe bahan baku, klasifikasi, dan produksi untuk biorenewable product. | 1 | 1 | |||||||
Mahasiswa mampu memformulasikan spesifikasi produk berdasarkan permintaan pasar maupun trend yang sedang berkembang. | 1 | 1 | |||||||
Mahasiswa mampu mendesain konsep flow model ataupun block diagram process model yang dapat menggambarkan aktivitas produksi biorenewable product. | 1 | 1 | |||||||
23 | Biomaterial | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar rekayasa biomaterial, klasifikasi biomaterial serta karakteristik biomaterial. | 1 | 1 | |||||||
Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dasar life science, basic science dan engineering untuk desain biomaterial. | 1 | 1 | |||||||
Mahasiswa mampu menganalisis potensi dan tantangan dalam pengembangan biomaterial. | 1 | 1 | |||||||
24 | Bioseparasi dan Purifikasi | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menentukan proses pemisahan dan pemurnian yang optimum untuk produk bio. | 1 | 1 | |||||||
Menganalisis dan merancang diagram alir proses pemisahan dan pemurnian produk bio. | 1 | 1 | |||||||
Menghitung dan mendesain alat untuk proses pemisahan dan pemurnian produk bio. | 1 | 1 |
MATA KULIAH PILIHAN BERSAMA
No. | CPMK Mata Kuliah | Keterkaitan dengan butir-butir CPL | |||||||
25 | Teknik Produk Terpadu | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menjelaskan langkah-langkah pengembangan produk secara sistematis. | 1 | 1 | |||||||
Merancang metode/langkah dasar pembuatan bahan/produk yang diinginkan.> | 1 | 1 | |||||||
Menghubungkan karakter makroskopis bahan/produk yang diinginkan dengan sifat mikroskopis bahan.. | 1 | 1 | |||||||
26 | Bioproses dalam Lingkungan | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menguasai dasar-dasar mikrobiologi sebagai fondasi untuk dapat memahami fenomena yang melibatkan mikroorganisme di lingkungan. | 1 | 1 | |||||||
Menguasai konsep kinetika pertumbuhan mikroorganisme dan kinetika reaksi-reaksi biokimia untuk dapat merancang sistem-sistem bioproses yang optimum dan sesuai dengan kebutuhan. | 1 | 1 | |||||||
Dapat mengaplikasikan prinsip-prinsip perancangan bioproses pada kasus-kasus yang berkaitan dengan pengendalian dan penanganan pencemaran lingkungan. | 1 | 1 | |||||||
27 | Teknologi Petrokimia | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mengeksplorasi bahan baku petrokimia dari minyak bumi, gas bumi dan batubara. | 1 | 1 | |||||||
Mengembangkan proses pembuatan produk petrokimia berbasis fosil. | 1 | 1 | |||||||
28 | Mineralogi and Petrologi | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Memahami sumber daya mineral dari kedua logam dan non-logam. | 1 | 1 | |||||||
Mengidentifikasi mekanisme pengolahan mineral baik logam maupun non logam. | 1 | 1 | |||||||
Menganalisis flowsheet proses logam dan sumber daya nonlogam termasuk proses baru. | 1 | 1 | |||||||
29 | Karakterisasi Bahan Material | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Membuat protokol untuk analisis material secara kualitatif dan kuantitatif dengan berbagai metode karakterisasi | 1 | 1 | |||||||
Mengevaluasi dan menjelaskan data hasil analisis material | 1 | 1 | |||||||
Mengidentifikasi metode yang tepat untuk mengarakterisasi material secara kualitatif dan kuantitatif | 1 | 1 | |||||||
30 | Ekologi Industri | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Memahami konsep – konsep dasar ekologi industri | 1 | 1 | |||||||
Menyusun dan menganalisis MFA (material flow analysis) | 1 | 1 | |||||||
Menyusun dan menganalisis PIOT (physical input/output analysis) dan metode lainnya | 1 | 1 | |||||||
Memahami studi kasus ekologi industri (circular economy) | 1 | 1 | |||||||
31 | Kapita Selekta | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menerapkan konsep dasar teknik kimia pada topik-topik tertentu. | 1 | 1 | |||||||
Menganalisis perkembangan terkini dalam bidang teknik kimia pada topik-topik tertentu. | 1 | 1 | |||||||
Mengevaluasi perkembangan terkini ilmu teknik kimia pada topik-topik tertentu. | 1 | 1 | |||||||
32 | Analisis Kelayakan Ekonomi | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mampu melakukan perhitungan ekonomi berbasis konsep nilai waktu dari uang. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Mampu melakukan analisis keuntungan dan profitabilitas (kelayakan) suatu kegiatan ekonomi. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Mampu memilih alternatif rencana investasi yang paling menguntungkan dari berbagai alternatif rencana investasi. | 1 | 1 | 1 | ||||||
33 | Pengolahan Limbah Industri | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Melakukan evaluasi proses industri dan menentukan sistem pengolahan limbah yang sesuai. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Melakukan klasifikasi limbah industri dan menentukan sistem pengolahan yang baik. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Memilih sistem pengolahan limbah cair dan melakukan perhitungan dasar sizing peralatannya. | 1 | 1 | 1 | ||||||
Memilih sistem pengolahan limbah padat. | 1 | 1 | 1 | ||||||
34 | Proses Transfer dalam Lingkungan | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Mampu mengaplikasikan konsep Proses Transfer (Transport Phenomena) untuk menganalisis secara kuantitatif peristiwa-peristiwa perpindahan massa dan perpindahan panas yang terjadi pada kehidupan sehari-hari dan lingkungan. | 1 | 1 | |||||||
Mampu menganalisis secara kuantitatif nasib (fate) bahan kimia di lingkungan, yang mencakup perpindahan dan reaksi kimianya. | 1 | 1 | |||||||
35 | Teknik Material | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Memahami sifat – sifat mekanis bahan | 1 | 1 | |||||||
Memahami karakteristik bahan sampai ke struktur mikroskopis. | 1 | 1 | |||||||
Memahami material anorganik berbasis silika, alumina. | 1 | 1 | |||||||
Memahami reaksi kimia dalam sintesis material organik dan anorganik. | 1 | 1 | |||||||
Memahami karakteristik material polimer, pembuatan komposit serta material lanjut. | 1 | 1 | |||||||
36 | Teknik Produksi Bersih | Skp1 | Skp2 | KU1 | KU2 | P1 | KK1 | KK2 | KK3 |
Menjelaskan konsep produksi bersih. | 1 | 1 | |||||||
Mengidentifikasi sumber limbah dari bahan yang digunakan, unit pemisah, unit sintesis, dan integrasi proses. | 1 | 1 | |||||||
Menentukan teknik pencegahan limbah. | 1 | 1 | |||||||
Menyusun cara meminimasi limbah melalui integrasi proses. | 1 | 1 |