Program Sarjana (S1)

TUJUAN PENDIDIKAN

Tujuan/kompetensi yang ingin dicapai oleh Program Studi Teknik Kimia berdasarkan tingkatannya dibedakan menjadi:

Tujuan Jangka Panjang (Program Educational Objectives, PEO)

Tujuan Jangka Panjang adalah kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh lulusan setelah lima tahun bekerja sebagai lulusan sarjana teknik kimia. Setelah dilakukan analisis terhadap keadaan masa depan, benchmaking, tracer study dan evaluasi atas customer satisfaction, Tujuan Jangka Panjang Program Studi Teknik Kimia dirumuskan sebagai berikut.

  1. Menghayati nilai-nilai, perilaku, dan etika ahli teknik kimia profesional
  2. Mampu mengidentifikasi, memformulasi, dan menyelesaikan masalah keteknikkimiaan dengan selalu menjunjung tinggi keselamatan dan kelestarian lingkungan
  3. Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen, serta mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data.
  4. Mampu mengikuti teknologi baru dan memanfaatkannya untuk praktek-praktek keteknikan dan selalu belajar seumur hidup
  5. Mempunyai kemampuan komunikasi, kerjasama, dan kepemimpinan dalam masyarakat multidisplin.

Kompetensi (Program Outcome, PO)

Untuk mencapai Tujuan Jangka Panjang, mahasiswa dapat dinyatakan lulus pendidikan sarjana teknik kimia apabila sudah mampu menunjukkan kompetensi-kompetensi tertentu. Setelah itu, ia diharapkan mampu dan mau mengembangkan dirinya secara terus menerus sehingga Tujuan Jangka Panjang tercapai. Kompetensi yang harus dicapai pada saat lulus adalah sebagai berikut.

  1. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan ilmu alam (fisika, kimia, biologi,ilmu bahan), matematika dan konsep-konsep fundamental teknik kimia dalam menyelesaikan berbagai permasalahan keteknikan termasuk yang bersifat open-ended.
  2. Memiliki kemampuan untuk mengambil kesimpulan berdasarkan pembuktian, keputusan teknik, alternatif penyelesaian atas berbagai permasalahan teknik yang kompleks berdasarkan pengetahuan ilmiah, konsep-konsep dasar teknik kimia dan kreativitas.
  3. Memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan dasar-dasar teknik kimia termasuk teknik produk dan perancangan proses untuk menghasilkan suatu produk dengan spesifikasi tertentu atau untuk menyelesaikan pemasalahan-permasalahan keteknikan dengan selalu menjunjung tinggi aspek keselamatan, keberlanjutan lingkungan, keharmonisan masyarakat dan budaya.
  4. Memiliki kemampuan untuk merancang dan melaksanakan eksperimen termasuk di dalamnya mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi data untuk menyelesaikan permasalahan keteknikan atau dalam rangka pengembangan proses dan produk.
  5. Memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi tepat guna, berbagai sumber informasi termasuk TI dan perangkat keteknikan modern termasuk berbagai perangkat lunak untuk melakukan prediksi, pemodelan dan aplikasi dalam rangka pengambilan keputusan teknis.
  6. Memiliki pemahaman perilaku dan sifat-sifat makroskopik bahan berdasarkan pengetahuan struktur mikro dan komposisi bahan.
  7. Memiliki pengetahuan tentang potensi sumber daya alam dan pemanfaatannya untuk kesejahteraan manusia.
  8. Memiliki kemampuan untuk memahami dan menghargai nilai-nilai budaya, perilaku, dan etika ahli teknik kimia profesional.
  9. Memiliki kemampuan untuk berperan secara efektif dalam suatu tim multi-disiplin dan multi-budaya baik sebagai anggota maupun sebagai pimpinan.
  10. Memiliki kemampuan mengungkapkan gagasan secara efektif baik secara lisan maupun tulisan dalam komuniksi keteknikan dan dalam masyarakat pada umumnya.
  11. Memiliki kemampuan untuk secara efektif mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman dasar-dasar evaluasi ekonomi untuk analisis kelayakan suatu proyek.
  12. Memiliki kemampuan dasar untuk melakukan pengembangan diri secara terus-menerus dan mengikuti isu-isu kontemporer.