Hasil Survey Kepuasan Pemangku Kepentingan
Mahasiswa Prodi Sarjana
Survey Kepuasan Pelayanan Akademik dan Fasilitas 2023 dilakukan ke mahasiswa sarjana teknik kimia. Jumlah responder adalah 75 dimana responder terbanyak adalah mahasiswa S1 Teknik Kimia angkatan 2022, disusul dengan mahasiswa nagkatan 2020, dan 2021 (terlihat pada Gambar 1).
Gambar 1. Jumlah responder per angkatan
Survey dilakukan dengan melakukan scoring terhadap beberapa pertanyaan terkait beberapa aspek, yaitu aspek akademik, pelayanan administrasi, dan fasilita. Tingkatan skor yang digunakan 4 (Very Good), 3 (Good), 2 (Average), dan 1 (Deficient). Selain itu juga diharapkan mahasiswa memberikan saran untuk perbaikan pelayanan dan fasilitas. Berikut adalah rangkuman hasil surveynya.
ASPEK AKADEMIK : PERKULIAHAN
Dari Gambar 2 terlihat bahwa 77,33% mahasiswa berpendapat dosen sudah sangat baik dalam penyampaian materi kuliah sehingga dapat meningkatkan pemahanan mahasiswa tentang ilmu teknik kimia. Namun demikian, sekitar 7,41% mahasiswa merasa penyampaian materi kuliah perlu ditingkatkan.
Gambar 2. Kepuasan mahasiswa terkait penyampaian materi kuliah oleh dosen
Selanjutnya, dari Gambar 3 terlihat nilai kepuasan mahasiwa terkait dengan kesempatan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa untuk mengembangkan wawasan di luar materi kuliah. Misalnya, alokasi dosen untuk mengajak mahasiswa kunjungan lapangan, integrasi riset dan kuliah, dll. Secara umum, dosen sudah memberikan kesempatan dengan baik kepada mahasiswa untuk mengembangkan wawasannya di luar materi kuliah.
Gambar 3. Kepuasan mahasiswa terkait kesempatan yang diberikan oleh dosen untuk mengembangkan wawasan di luar materi kuliah
ASPEK AKADEMIK : PERKULIAHAN
Design project merupakan matakuliah wajib di ChED. Mahasiswa akan mendapatkan dosen pembimbing design project. Mekanisme yang sekarang ada adalah ChED mempublikasikan judul design project kemudian mahasiswa memilih judul yang mereka minati. ChED selanjutnya akan mengelola pembagian dosen pembimbing dan judul design project tersebut. Dari hasil survey, mekanisme ini dinilai baik oleh 51,85% mahasiswa. Sejumlah 7,41% mahasiswa menilai mekanisme ini cukup baik sehingga diharapkan perlu adanya perbaikan. Detail penilaian mahasiswa terkait dengan mekanisme pembagian dosen pembimbing design project dapat dilihat pada Gambar 4.
Gambar 4. Kepuasan mahasiswa terkait mekanisme pembagian dosen pembimbing design project
Sedangkan kemampuan dosen untuk mendorong mahasiswa menjadi chemical engineering yang handal, dinilai oleh mahasiswa seperti pada Gambar 5. Secara umum, dosen sudah sangat baik mendorong mahasiswa menjadi chemical engiinering yang handal.
Gambar 5. Kepuasan mahasiswa terkait dorongan dosen untuk menjadikan mahasiswa seorang chemical engineering handal
ASPEK AKADEMIK : PEMBIMBINGAN PENELITIAN
Analog dengan pembimbingan design project, pembimbingan penelitian juga dilakukan penilaian terkait dengan mekanisme pembagian dosen pembimbing penelitian. Mekanisme yang ada adalah mahasiswa memilih sendiri dosen pembimbing yang sesuai minatnya dan menentukan judul penelitian bersama dosen pembimbing. Namun, untuk menghindari kesenjangan beban kerja, jumlah mahasiswa bimbingan per dosen dibatasi. Mekanisme ini dinilai sudah sangat baik oleh mahasiswa (lihat Gambar 6).
Gambar 6. Kepuasan mahasiswa terkait mekanisme pembagian dosen pembimbing research project
Dalam pelaksanaan penelitian, tentunya dibutuhkan dana untuk pengadaan alat dan bahan, serta biaya jasa anlisis. Di CheD dosen pembimbing berusaha untuk memberikan dukungan dana kepada mahasiswa. Dari hasil survey, dosen pembimbing sudah sangat membantu dalam pendanaan penelitian mahasiswa (Gambar 7).
Gambar 7. Kepuasan mahasiswa terkait bantuan dana penelitian oleh dosen pembimbing
Selain bantuan dana penelitian, diharapkan dosen pembimbing penelitian membimbing dan mendorong mahasiswa menjadi peneliti handal. Hal ini dapat dilalukan dengan pendampingan penyusunan proposal hingga penulisan jurnal. Penilaian mahasiswa terkait hal ini terlihat pada Gambar 8, dimana peran dosen pembimbing untuk mendorong mahasiswa menjadi peneliti handal sudah sangat baik.
Gambar 8. Kepuasan mahasiswa terkait dorongan dosen untuk menjadikan mahasiswa seorang peneliti handal
PELAYANAN ADMINISTRASI DAN FASILITAS
Survey ini juga dilakukan untuk mengevaluasi pelayanan akademik dan fasilitas. Dari hasil survey, mahasiswa menilai bahwa pengelola program studi sudah sangat baik dalam meluangkan waktunya untuk konsultasi terkait dengan kemajuan studi mahasiswa. Lebih detail terlihat pada Gambar 9.
Gambar 9. Kepuasan mahasiswa terkait kesediaan waktu pengelola program studi untuk konsultasi mahasiswa
Selain itu juga, mahasiswa menilai kinerja akademik dalam pengurusan administrasi studi mahasiswa sudah sangat baik. Lebih detail terlihat pada Gambar 10.
Gambar 10. Kepuasan mahasiswa terkait kinerja staf akademik
Terkait dengan aktivitas penelitian dan praktikum, mahasiswa menilai bahwa fasilitas laboratorium yang ada sekarang sudah sangat baik dan dapat mendukung penelitian mereka. Hasil penilaian terlihat pada Gambar 11.
Gambar 11. Kepuasan mahasiswa terkait fasilitas laboratorium
Sedangkan terkait dengan pelaksanaan prosedur untuk memastikasan safety selama mahasiswa melaksanakan penelitian/praktikum, dinilai sudah sangat baik (excellent). Terlihat pada Gambar 12.
Gambar 12. Penilaian mahasiswa terkait pelaksanaan program safety
Selain fasilitas laboratororium, mahasiswa juga diminta untuk menilai terkait dengan fasilitas ruang kelas dalam mendukung kenyamanan proses pembelajaran. Hasil penilaian mahasiswa terlihat pada Gambar 13. Secara umum, fasilitas ruang kelas sudah sangat baik.
Gambar 13. Penilaian mahasiswa terkait fasilitas ruang kelas (di ChED dan SGLC)
Kemudian, fasilitas IT yang disediakan ChED, meliput Wifi, SSO, Simaster, eLibraby dan eLOK, dinilai sudah sangat baik dalam mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa di kampus. Hasil penilaian mahasiswa terlihat pada Gambar 14.
Gambar 14. Penilaian mahasiswa terkait fasilitas IT (Wifi, SSO, Simaster, eLibraby dan eLOK)
Sedangkan penyediaan software berlisensi seperti Microsoft Office, Cloud 365, Matlab, ANSYS, Aspen, UniSim, dan software process engineering lainnya dinilai oleh mahasiswa baik. Penyediaan software-software tersebut sudah sangat mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa. Detail penilaian lihat Gambar 15.
Gambar 15. Penilaian mahasiswa terkait fasilitas software berlisensi (Microsoft Office, Cloud 365, Matlab, ANSYS, Aspen, UniSim, etc)
Terakhir, fasilitas pendukung lainnya seperti GMC, Psychological Corner, Perpustakaan, dan Study room dinilai oleh mahasiswa sudah baik dalam mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa di kampus (Gambar 16).
Gambar 16. Penilaian mahasiswa terkait fasilitas pendukung lainnya
KEPUASAN MAHASISWA SECARA UMUM
Secara umum, keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), dan empati (empathy) dosen, staf akademik, dan pengelola departemen, dinilai sudah baik dalam memberikan pelayanan akademik kepada mahasiswa. Selain itu juga, sarana dan prasarana (tangible) dinilai baik oleh mahasiswa.
Gambar 17. Penilaian mahasiswa secara umum
Unduh versi PDF