Hasil Survey Kepuasan Pemangku Kepentingan

A. Gambaran Umum Pelaksanaan Survei


Survei Kepuasan Pelayanan Akademik dan Fasilitas tahun 2024 dilakukan terhadap mahasiswa program studi sarjana () teknik kimia pada Departemen Teknik Kimia (DTK) UGM. Responden sejumlah 178 mahasiswa aktif angkatan 2020 – 2024 dengan sebaran disajikan dalam Gambar 1.



Gambar 1. Sebaran Responden Survei Mahasiswa Aktif Prodi S1

Pertanyaan dalam kuesioner survei mencakup aspek akademis dan non-akademis, dengan perincian sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan perkuliahan
  2. Pelaksanaan penelitian mahasiswa
  3. Pelaksanaan tugas akhir
  4. Administrasi dan layanan akademik
  5. Fasilitas belajar mengajar

B. Pelaksanaan Perkuliahan


Responden memberikan pendapat tentang: cara penyampaian kuliah oleh dosen dan kesempatan mahasiswa mengembangkan wawasan selama perkuliahan. Hasil survei disajikan dalam Gambar 2 dan Gambar 3.



Gambar 2. Cara Penyampaian Dosen

Dari Gambar 2. terlihat bahwa seluruh mahasiswa merasa penyampaian dosen telah dengan sangat baik (89,39%) dan baik (10,61%) dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang ilmu teknik kimia.



Gambar 3. Dosen Memberikan Kesempatan Mahasiswa Mengembangkan Wawasan

Sesuai data dalam Gambar 3. sebagian besar mahasiswa merasa dosen pengampu mata kuliah telah memberikan kesempatan untuk mengembangkan wawasan di luar materi kuliah yang diberikan di kelas.



C. Pelaksanaan Penelitian Mahasiswa


Dalam bagian ini, responden diminta pendapatnya tentang: keadilan mekanisme pembagian dosen pembimbing, bantuan pendanaan, dan peran dosen dalam memotivasi mahasiswa menjadi peneliti handal. Hasilnya disajikan dalam Gambar 4. – Gambar 6. Terlihat bahwa untuk semua kategori sebagian besar mahasiswa menilai sangat baik dan baik.



Gambar 4. Aspek Keadilan dalam Pelaksanaan Pembagian Dosen Pembimbing Penelitian



Gambar 5. Dosen Telah Menanggung Biaya Penelitian



Gambar 6. Dosen Telah Memotivasi Mahasiswa Menjadi Peneliti Handal

Sedangkan kemampuan dosen untuk mendorong mahasiswa menjadi chemical engineering yang handal, dinilai oleh mahasiswa seperti pada Gambar 5. Secara umum, dosen sudah sangat baik mendorong mahasiswa menjadi chemical engiinering yang handal.


D. Pelaksanaan Tugas Akhir Mahasiswa


Dalam bagian ini, responden diminta pendapatnya tentang: keadilan mekanisme pembagian dosen pembimbing tugas akhir, dan peran dosen dalam memotivasi mahasiswa menjadi insinyur kimia yang handal. Hasilnya disajikan dalam Gambar 7. dan Gambar 8. Terlihat bahwa untuk semua kategori sebagian besar mahasiswa menilai sangat baik dan baik.



Gambar 7. Aspek Keadilan dalam Pelaksanaan Pembagian Dosen Pembimbing Tugas Akhir



Gambar 8. Dosen Telah Memotivasi Mahasiswa Menjadi Insinyur Handal

E. Administrasi dan layanan akademik


Dalam bagian ini, responden diminta pendapatnya tentang: peran pengelola prodi (ketua dan sekretaris prodi) dan layanan staf akademik dalam menunjang kegiatan akademik mahasiswa . Hasilnya disajikan dalam Gambar 9. Terlihat bahwa untuk semua kategori sebagian besar mahasiswa menilai sangat baik dan baik untuk pengelola prodi maupun staf akademik.



Gambar 9. Administrasi dan Layanan Akademik Bagi Mahasiswa

F. Fasilitas Belajar Mengajar


Dalam bagian ini, responden diminta pendapatnya tentang: fasilitas laboratorium, prosedur dan fasilitas keselamatan kerja, kenyamanan ruang kelas, fasilitas teknologi informasi, fasilitas perangkat lunak berlisensi untuk mendukung pembelajaran. Hasilnya disajikan dalam Gambar 10. – Gambar 14. Terlihat bahwa untuk semua kategori sebagian besar mahasiswa menilai sangat baik dan baik.



Gambar 10. Fasilitas Laboratorium



Gambar 11. Prosedur Dan Fasilitas Keselamatan Kerja



Gambar 12. Kenyamanan Ruang Kelas



Gambar 13. Fasilitas Teknologi Informasi



Gambar 14. Fasilitas Perangkat Lunak Berlisensi Untuk Mendukung Pembelajaran

G. Kesejahteraan Mahasiswa


Dalam bagian ini, responden diminta pendapatnya tentang kualitas pengelola prodi, dosen dan tenaga kependidikan dalam hal: layanan, keandalan, daya tanggap, dan empati terhadap mahasiswa serta penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasarana kampus DTK. Hasilnya disajikan dalam Gambar 15. – Gambar 16. Terlihat bahwa untuk semua kategori sebagian besar mahasiswa menilai sangat baik dan baik.



Gambar 15. Kualitas Pengelola Prodi, Dosen dan Tenaga Kependidikan dalam Hal Layanan, Keandalan, Daya Tanggap, dan Empati Terhadap Mahasiswa



Gambar 16. Penilaian Mahasiswa Terhadap Kecukupan, Aksesibilitas, Kualitas Sarana dan Prasarana Kampus DTK