Hasil Survey Kepuasan Pemangku Kepentingan

Mahasiswa Prodi Magister

(Jumlah respon = 44 mahasiswa)


Respon mahasiswa Prodi Magister terhadap lima kriteria pelayanan Departemen menunjukkan tingkat kepuasan rata-rata sangat baik. Beberapa hal yang masih menyisakan penilaian pada level “baik” sehingga masih bisa ditingkatkan lagi adalah kepastian pelayanan sesuai ketentuan, empati pada mahasiswa, dan kecukupan/aksesibilitas sarana/prasarana. Berdasarkan evaluasi dan penelusuran yang ada, penilaian yang belum maksimal pada kepastian pelayanan disebabkan oleh panduan akademik yang kurang terperinci, sehingga mahasiswa kurang persiapan untuk beberapa deadline, misalnya pembayaran UKT, pengisian KRS, yudisium, dll. Hal ini kemudian berakibat mahasiswa sering merasa bahwa Pengelola Prodi kurang berempati pada situasi individual mahasiswa. Kondisi pandemi yang membatasi pertemuan luring juga menambah komplikasi dalam pelayanan kepada mahasiswa. Terkait sarana/prasarana, untuk keperluan riset pada dasarnya fasilitas yang diberikan Departemen sudah sangat baik, tetapi masih ada kekurangan dalam sarana/prasarana umum, terutama akomodasi untuk mahasiswa berkebutuhan khusus (termasuk ibu hamil/menyusui). Berdasarkan evaluasi root cause tersebut di atas, pada tahun 2021 telah dilakukan upaya perbaikan:

  1. Penyusunan panduan akademik yang baru bersamaan dengan proses peninjauan kembali kurikulum Prodi Magister yang akan dituangkan dalam Naskah Akademik Kurikulum 2022.
  2. Program pengembangan diri tenaga kependidikan sesuai bidang layanan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas respon terhadap keluhan mahasiswa.
  3. Pembatasan jumlah pembimbingan tesis melalui kesepakatan distribusi beban lintas Kelompok Bidang Keahlian (KBK) sehingga perhatian dosen pembimbing pada semua mahasiswa bimbingan tesis lebih intensif.
  4. Menyediakan ruang khusus untuk keperluan ibu menyusui.